-->

WANTED : PEMIMPIN TRANSFORMASIONAL !!!


Selamat pagi, Dok. Saya ingin berdiskusi dengan Anda tentang dunia manajemen yang semakin lama semakin membingungkan ini. Sebenarnya ada apa ya, Dok?
Yang sebenarnya terjadi, Pak Yudhi, kini kita hidup dalam masa transisi yang luar biasa. Kita terperangkap di antara dua dunia, dunia lama dan dunia baru. Ini kata Peter M Senge.

Apa yang mengubah ‘dunia lama’ menjadi ‘dunia baru’, Dok?
Perubahan, Pak, satu-satunya hal konstan, yang selalu membuat dunia menjadi baru.

Kalau perubahan itu konstan berarti kita dalam semua organisasi dan aspek kehidupan harus selalu berupaya menyesuaikan diri dengan irama perubahan itu, Dok?
Tidak ada jalan lain, Pak. Karena perubahan juga menggandeng persaingan sebagai belahan jiwanya. 

Persaingan?
Ya, satu kata yang sungguh menakutkan bagi segelintir orang tetapi menjadi tantangan bagi orang lain. Namun, suka atau tidak, persaingan harus dihadapi dalam upaya tetap hidup dan semakin hidup. Satu-satunya yang harus dicapai dalam persaingan adalah kemenangan, tebal ataupun tipis.

Kemenangan suatu tim kan juga ditentukan oleh ‘komandan’nya, Dok?
Peran ‘komandan’ bukan yang terpenting tapi sangat penting, Pak. Perubahan yang bergandengan dengan persaingan mensyaratkan perubahan pendekatan kepemimpinan. Mengapa perlu perubahan pendekatan kepemimpinan? Karena perubahan yang begitu dinamis dan sangat cepat bukanlah perkara yang mudah untuk dikendalikan.

Tapi perubahan pendekatan kepemimpinan itu sendiri juga tidak mudah, Dok!
Tepat, Pak. Karena perubahan menghancurkan kemapanan, terkadang menyakitkan sebelum menumbuhkan, membingungkan sebelum memajukan, melenyapkan kesempatan usang sebelum memunculkan kebaruan, mematikan sebelum membangkitkan kehidupan baru, mengandung ketidakpastian walau juga berisi kebebasan. Inilah yang dikatakan para ahli sebagai ‘paradoks perubahan’. Dan, tidak serta merta semua organ kepemimpinan mau apalagi mampu menghadapi semua itu. Karena itulah dibutuhkan pemimpin trasformasional.

Pemimpin macam apa itu, Dok?
Menurut James McGregor Burns, pemimpin transformasional adalah mereka yang bersama para pengikutnya mampu berproses untuk saling mendukung satu sama lain dalam upaya mencapai moralitas dan motivasi lebih dan lebih tinggi lagi. 

Sudah tidak masanya lagi, Pak Yudhi, organisasi masih mempertahankan pemimpin yang enggan berubah, entah karena tidak tahu cara berubah, apalagi yang memang tidak mau berubah karena ‘sangat menikmati’ kemapanan.

Jadi, Dok?
Setiap organisasi harus bermoto: WANTED: PEMIMPIN TRANSFORMASIONAL!!!

Baca Juga :

Click to comment