-->

TIPS LANGSING : KONSUMSI MINYAK ZAITUN !


Ingin langsing ? Konsumsi minyak zaitun! Minyak yang satu ini dipercaya bisa bikin langsing karena kandungan kalorinya relatif rendah dan memberikan rasa kenyang lebih lama kala dikonsumsi. Minyak 'tersehat di dunia' ini juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita.

MINYAK ZAITUN : POLA DIET MEDITERANIA
Minyak zaitun adalah bagian tak terpisahkan dari pola diet Mediterania, bahkan menjadi salah satu bagian utama! Ternyata, minyak zaitun adalah minyak tersehat di dunia! Hasil sejumlah penelitian menunjukkan, pola diet Mediterania yang tak terpisahkan dari minyak zaitun, memiliki dampak yang sangat bermakna dalam memerangi kanker dan penyakit jantung koroner.

MINYAK ZAITUN : MENGAPA ISTIMEWA ?
Mengapa minyak yang konon mempercantik Cleopatra ini begitu istimewa? Jawabannya ada dalam kandungan uniknya. Minyak ini mengandung senyawa fenol, tokoferol, sterol, pigmen, squalene, dan asam lemak tak jenuh tunggal yaitu asam oleat atau omega 9. Semua kandungan itulah yang ‘bertugas’ melindungi kesehatan mereka yang mengkonsumsinya. Minyak yang dikonsumsi 1 kilogram per-orang per-tahun di Turki, dan bahkan jauh lebih banyak di Italia dan Spanyol, ini bisa menurunkan risiko kanker seperti kanker kolon atau usus besar, kanker payudara, dan kanker kulit. Risiko penyakit jantung koroner dan dampak penuaan juga direduksi oleh kandungan minyak zaitun. Semuanya ‘dikerjakan’ melalui penghambatan terhadap stres oksidatif yaitu kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas atau oksidan. Jadi, zat-zat yang terkandung dalam minyak zaitun berperan sebagai antioksidan. 

Kalau begitu, mestinya diet Mediterania yang kaya minyak zaitun berdampak baik bagi mereka yang berdiam di negara-negara kawasan Laut Tengah itu. Jawabannya, ya! Sejumlah penelitian menunjukkan, kejadian semua jenis kanker di Mediterania lebih rendah dari di negara-negara Skandinavia yaitu Denmark, Norwegia, dan Swedia. Begitu pula dibandingkan dengan kejadian kanker di Inggris dan Amerika Serikat. Perbedaan kejadian itu jauh lebih jelas lagi untuk kanker usus besar, payudara, endometrium, dan prostat yang sangat berkaitan dengan ‘kerja’ radikal bebas.

Khasiat lain minyak zaitun adalah anti diabetes. Mengapa? Karena squalene, salah satu kandungan minyak ini, adalah bahan baku insulin, hormon yang berperan sebagai ‘angkot’ yang membawa glukosa dari darah ke dalam sel. MInyak zaitun juga berperan sebagai anti aterosklerosis atau pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah. Di sinilah peran tirosol dan antioksidan fenolat lainnya yang mengikat kolesterol ‘jahat’ LDL sehingga perlengketannya dengan dinding pembuluh darah dapat diperlambat. Kadar kolesterol baik HDL dalam darah juga ditingkatkan.  Kumpulan komponen fenolat dalam minyak zaitun juga ‘bertanggung jawab’ atas khasiat anti inflamasi atau anti radang. 

Minyak istimewa ini juga dipercaya mampu memecah sel-sel lemak atau adiposit sehingga dapat mencegah obesitas. Jadi, minyak zaitun melangsingkan dengan membantu mencapai dan mempertahankan berat badan ideal. Minyak ini juga berdampak terhadap tulang pada osteoporosis walaupun tidak sepenuhnya mampu mengembalikan kepadatan tulang secara sempurna.

CARA MENGKONSUMSI MINYAK ZAITUN :
Minumlah 2 sendok makan minyak zaitun sewaktu bangun tidur di pagi hari. Saat bangun tidur, tubuh kita memecah lemak untuk menghasilkan energi karena semalaman tidak mendapat asupan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Minyak zaitun 'menetralisasikan' kolesterol 'jahat' yang dihasilkan dari pemecahan lemak itu. 

Dua sendok makan minyak zaitun juga bisa ditambahkan pada makanan berlemak dan bersantan, juga sebagai penetral lemak jahat, atau ditambahkan ke salad buah dan sayuran. Atau, gunakan minyak zaitun dalam penggorengan Anda. Sedikit lebih mahal, tapi, lebih sehat, kan!

 Mungkin tak ada salahnya mulai sekarang kita ‘bersahabat’ dengan minyak zaitun, minyak tersehat di dunia, walaupun terkadang harganya kurang bersahabat. Semua tentu demi kesehatan kita.

Anda butuh TELECONSULTATION ?
Hubungi dr. Leonardo W. Permana, MARS.
HP / WA : 081363290686

Click to comment