-->

CARA MUDAH KENALI HIPOGLIKEMIA PADA DIABETESI


BAGAIMANA MENENTUKAN HIPOGLIKEMIA ?
Hipoglikemia adalah keadaan di mana kadar glukosa atau gula darah menurun hingga di bawah 70 mg/dL. Cara paling akurat untuk tahu berapa kadar gula darah Anda tentunya dengan pemeriksaan kadar gula itu, baik lewat pemeriksaan di laboratorium atau dengan Self Monitoring Blood Glucose (SMBG) atau Swa Monitor Gula Darah (SMGD) yaitu pemeriksaan sendiri kadar gula di rumah. Sangat disarankan para Diabetesi memiliki alat pemeriksaan gula darah di rumah sehingga bisa secara cepat mengantisipasi baik kenaikan ataupun penurunan kadar gula darahnya. Ini merupakan pilar kelima dalam tatalaksana diabetes.

APA BAHAYA HIPOGLIKEMIA ?
Pada Diabetesi, peningkatan gula darah atau hiperglikemia berbahaya, namun penurunan gula darah juga sangat berbahaya. Bahkan para ahli berpendapat, hipoglikemia bisa lebih berbahaya daripada hiperglikemia, walaupun kedua-duanya berbahaya, karena rentang kadar gula darah menuju hipoglikemia tipis sedangkan menuju hiperglikemia masih jauh lebih lebar. Hipoglikemia berat malah bisa mengakibatkan kecelakaan misalnya jatuh di kamar tidur atau di kamar mandi, trauma atau cedera termasuk trauma kepala, koma, bahkan yang paling fatal, kematian!

APA SAJA TANDA DAN GEJALA HIPOGLIKEMIA ?
Diebetesi kemungkinan besar ’jatuh’ ke keadaan hipoglikemia kalau mengalami tanda dan gejala berikut:
·         Badan terasa goyang
·         Cemas atau gelisah
·         Berkeringat dingin, menggigil, dan kulit lembab
·         Mudah tersinggung dan tidak sabar
·         Bingung sampai delirium atau mengigau
·         Denyut jantung cepat
·         Pusing atau oyong
·         Kelaparan dan mual
·         Mengantuk
·         Susah berkonsentrasi
·         Pandangan kabur atau terganggu
·         Rasa geli atau kebas di bibir atau lidah
·         Nyeri kepala
·         Lemah atau lelah
·         Gusar atau sedih
·         Gangguan koordinasi
·         Mimpi buruk atau berteriak saat tidur
·         Serangan kejang
·         Penurunan kesadaran
·         Pada keadaan berat bisa koma hingga meninggal.

BAGAIMANA PENANGANAN HIPOGLIKEMIA?
Yang bisa dilakukan Diabetesi saat mengalami hipoglikemia ringan adalah:
1.      Segera mengkonsumsi 15 hingga 20 gram glukosa atau karbohidrat sederhana. Yang paling praktis, minum air gula yang dibuat dari 2 sendok makan gula pasir yang dilarutkan dalam segelas air putih.
2.      Periksa kembali kadar gula darah Anda setelah 15 menit.
3.      Jika masih hipoglikemia, ulangi langkah nomor 1.
4.      Kalau kadar gula darah sudah kembali normal, makanlah sedikit cemilan kalau waktu snack atau makan Anda masih lebih dari 2 jam lagi.
5.      Jika hipoglikemia tidak teratasi, segera ke rumah sakit untuk minta pertolongan medik.

BAGAIMANA MENCEGAH HIPOGLIKEMIA ?
Diabetesi harus selalu berusaha mencegah terjadinya hipoglikemia. Caranya:
1.      Minta informasi tentang diabetes seluas-luasnya kepada Dokter Anda dan Anda juga bisa mendapatkannya dari berbagai sumber yang akurat, termasuk dari internet. Jika ragu dengan informasi yang Anda terima, diskusikanlah dengan Dokter Anda.
2.      Patuhi jadwal dan jumlah makanan Anda setiap hari sesuai jumlah kalori yang disarankan. Kalau selera makan Anda tiba-tiba menurun dan Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah lebih sedikit, hubungi Dokter Anda untuk penyesuaian dosis obat yang harus Anda minum.
3.      Pemeriksaan gula darah secara teratur itu penting. Kalau memungkinkan, siapkan alat pemeriksaan gula darah di rumah Anda agar jika sewaktu-waktu perlu, Anda bisa memeriksa sendiri kadar gula darah Anda. Jangan lupa, alat pemeriksaan kadar gula itu perlu dikalibrasi secara berkala. Minta bantuan layanan purna jual alat itu.
4.      Minumlah obat sesuai saran Dokter Anda dan minta informasi tentang obat termasuk obat mana yang mungkin menyebabkan hipoglikemia.
5.      Mintalah informasi kepada Dokter Anda tentang berbagai hal yang dapat menyebabkan hipoglikemia sesuai dengan keadaan kesehatan pribadi Anda.
6.      Anda memang butuh berolahraga, namun sesuaikan olah raga dengan keadaan gula darah dan keadaan fisik Anda, jangan memaksakan diri. Berkonsultasilah dengan Dokter tentang jenis, waktu, dan frekuensi olah raga yang perlu Anda lakukan setiap minggu.

Memang diabetes tidak dapat disembuhkan namun Diabetesi bisa hidup layaknya orang yang bukan Diabetesi. Yang penting: berdisiplin dan pahami keadaan Anda! 

 

Click to comment