-->

TIPS SMART PANGKAS ASUPAN KALORI


AWALI PAGI DENGAN SARAPAN SEHAT
Ternyata mereka yang menikmati sarapan sehat lebih ramping dan berat badannya lebih rendah dibanding mereka yang tidak sarapan. Why ? Karena sarapan mencegah ‘balas dendam’ di saat makan sesudahnya.




BUAT DAFTAR BELANJAAN
Daftar belanjaan bukan hanya untuk penghematan, tetapi lebih lagi, dapat mengurangi asupan kalori.  Daftar belanja dapat membatasi keinginan dan ‘aksi’ Anda membeli makanan atau minuman peningkat asupan kalori. 


NIKMATI CEMILAN BUAH DIBANDING COOKIES DAN SEJENISNYA
Singkirkan kemasan cookies, kerupuk atau makanan kecil lain yang ada di laci meja kerja Anda. Lebih baik ganti dengan potongan buah yang tidak begitu manis, yang Anda bawa dari rumah. Jelas, kalori dalam buah lebih sedikit dibanding makanan renyah kesukaan Anda. Dan, ada seratnya juga!

MAKAN BUAH DARIPADA MINUM JUS
Why? Porsi buah yang dijadikan jus bisa berlipat dari porsi buah yang dimakan karena buah harus dikunyah sebelum ditelan sedangkan jus langsung ditelan. Mengunyah itu juga mencapekkan sehingga dengan sendirinya membatasi porsi buah yang dimakan. Kalau Anda menikmati salad buah dan sayuran, nikmati topping yang lebih sederhana, rendah lemak dan gula.

KALAU TETAP INGIN, GANTI DENGAN PORSI LEBIH KECIL
Anda senang ngemil kacang-kacangan karena baik buat jantung? It’s good. But, ingat, kacang-kacangan juga tinggi kalori. Atau masih belum rela berpisah dengan kerupuk kegemaran Anda? Ouch, cake hadiah si dia sayang untuk dilewatkan? Boleh saja, tapi kurangi frekuensi mengkonsumsinya dan pilih yang bungkus atau ukurannya lebih kecil karena pasti Anda selalu tergoda mengosongkan bungkus atau piringnya, kan. Abis, sayang sih.

JANGAN MAKAN ATAU NGEMIL DI DEPAN TV
Acara TV menyedot perhatian dan sedikit menurunkan ‘kasadaran’ akan hal lain termasuk ‘apa yang seharusnya masuk’ ke dalam mulut. Meletakkan makanan atau cemilan di meja dekat Anda saat nonton TV, berbahaya bagi asupan kalori.

JANGAN HIDANGKAN SELURUH MAKANAN
Jangan hidangkan seluruh makanan di atas meja saat makan bersama karena ada godaan menghabiskan seluruhnya. Semakin banyak makanan yang terlihat, semakin besar hasrat untuk ‘menghabisinya’.

GANTI SOFT DRINK DAN MINUMAN BERSODA DENGAN AIR PUTIH
Tentu mudah dipercaya, minum soft drink meningkatkan asupan kalori. Ganti soft drink dengan air putih. Baik juga minum air putih dulu sebelum makan. Kalau soft drink pemberian sahabat masih tersimpan di kulkas, beramallah, sesekali berikan kepada mereka yang setiap hari berjasa bagi Anda, Mbak Ida asisten rumah tangga, Dik Jody pengantar koran atau Pak Didik pekerja pemungut sampah di rumah Anda.

ATUR JADWAL MAKAN ‘DI LUAR’
Tak dapat dipungkiri, makanan ‘di luar’ lebih enak dari di rumah karena kalau tidak begitu tentu tempat makan di luar sudah lama tutup. Karena itu, bijaklah mengatur jadwal makan di luar, juga menu dan jumlah yang dinikmati. Seleksi undangan makan yang perlu dihadiri dan yang tidak. Sedapat mungkin, hindari makan malam di luar. Hindari memenuhi undangan hanya karena rasa sungkan. Maklum, kita masih orang timur. 

BEGADANG JANGAN BEGADANG
Ingat nasehat Roma Irama, ‘Begadang jangan begadang, kalau tak ada perlunya…’ Saat begadang adalah saat menggoda untuk ngunyah. Tak jarang orang begadang ditemani kopi penghilang ngantuk ditambah gorengan atau bakaran. Karena itu, tidur cukup jauh lebih baik.



Memangkas asupan kalori bukan hanya membuat langsing tapi juga…………….sehat!  


 

Click to comment