-->

BAGAIMANA BUMIL DAN BUSUI BERPUASA (Puasa menyehatkan jiwa dan raga 7)


Bumil dan Busui, apaan tuh?
Bumil itu Ibu Hamil, sedangkan Busui……

Ibu menyusui, ya kan?
Udah tau pura-pura nggak tahu, huh.

Hubungan kehamilan dan puasa gimana ?
Perempuan hamil diperbolehkan berpuasa selagi kesehatan perempuan itu dan janinnya baik, nggak ada gangguan atau kelainan pada ibu maupun janin. Kalo diketahui ada penyakit nyang memperberat kehamilan, ya jangan dipaksain berpuasa dong. Misalnya pada ibu hamil nyang mengalami mual berlebihan, tukak lambung, perdarahan, diabetes mellitus, kurang gizi, kurang darah, ataupun penyakit laen. Ibu dengan usia kehamilan 1 – 3 bulan yang mengalami  mual, pusing, dan muntah yang mengganggu sebaiknya tidak berpuasa. Demikian pula ibu – ibu dengan usia kehamilan 6 – 9 bulan sebaiknya tidak berpuasa. Why ?  Karena pada saat – saat ini, janin sudah memproduksi hormon insulin yang mampu mengubah glukosa menjadi glikogen, cadangan energi. Nah, konsumsi makanan yang banyak sewaktu sahur atau berbuka bisa menyebabkan bayinya gede waktu lahir. Saat sedang waktu puasa, insulin janin tetap aktif tetapi tidak ada pasokan glukosa. Akibatnya, janin bisa mengalami hipoglikemia. Ini berbahaya!

Jadi berpuasa nyang aman buat ibu hamil adalah pada umur kehamilan antara 4 sampai 6 bulan, gitcu ?
Tepat sekali, Bro ! Because pada umur kehamilan antara 4 sampe 6 bulan, gejala – gejala ‘hamil muda’ udah menghilang sementara insulin pada janin belum terbentuk. Namun, ….., tetep harus diinget, kalo di kala berpuasa, ibu hamil mengalami gejala – gejala nggak nyaman misalnya mual, pusing, atawa berkeringat dingin, jangan sungkan untuk membatalkan puasanya, walaupun saat berbuka hanya sesaat lagi !

Ada saran tertentu untuk ibu hamil ?
Ini nih, Bumil disarankan lebih banyak mengkonsumsi daging saat sahur, bahkan boleh sampe tiga atawa empat potong. Because daging mengandung kalori ’n protein nyang sangat banyak. Jadi, ya bisa sebagai cadangan energi bagi tubuh untuk waktu cukup lama.

Jadi, Bumil nggak cepet lapar, toh ?
Toh, Choi. Bumil ’n Busui atawa ibu menyusui juga disarankan minum susu.

Oya, susu juga sangat berguna ya ?
Tentu saja !

Kok singkat sekali jawabannya ?
Jawaban singkat buat penasaran kan ? Ha ha ha ! Malah buat jengkol eh jengkel tampaknya !

Cepet aja ah, jelasin tentang susu !
Dengan senang hari, Sir ! Mungkin banyak orang sependapat kalau dikatakan, susu adalah ’primadona minuman sehat’ di samping air putih, tentu.

Ah, jangan berlebihanlah !
Nggak berlebihan kok ! Nggak percaya ya ? Mo bukti ?

Jelas dong ! Buktiin omongan Anda !
Susu adalah minuman sarat gizi yang kandungan nutriennya nyaris sempurna. Cairan putih bersih ini memuat karbohidrat dalam bentuk laktosa. Gula dalam makanan biasanya cepat merusak gigi. Namun peranan laktosa pada karies alias kerusakan gigi, rendah.   Susu juga mengandung protein dan lemak. Bahkan sejumlah asam amino dalam protein yang dikandung susu begitu khas dan khususnya,  jauh lebih unggul dari protein yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan. 

Keistimewaan lain ?
Susu juga mengandung vitamin D, fosfor, magnesium, dan kalsium yang sangat berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi. Bahkan kandungan kalsium dalam susu adalah kalsium terbaik karena kadarnya yang tinggi dan penyerapannya sangat efektif. Kandungan kalsium susu ini sangat berperan dalam mencegah keropos tulang atau osteoporosis, si pencuri tulang. Masih kurang ?

Coba sebutkan kalo masih ada keistimewaan susu !
Vitamin A, vitamin B 12, asam pantotenat, dan riboflavin terkandung dalam susu. Dan, jangan lupa, susu memuat imunoglobulin sebagai salah satu penguat kekebalan tubuh kita. Untuk kesehatan jantung, susu juga menyumbangkan asam lemak esensial. Masih mau simak fakta lain ?

Siapa takuuuut ?
Para pakar menyatakan, susu menurunkan resiko kanker payudara dan kanker usus besar. Susu juga membantu menurunkan tekanan darah. Angka kejadian Diabetes tipe 2 pada orang yang kegemukan hingga obesitas, diturunkan oleh susu ! Para dokter gigipun mengakui keunggulan susu yang terbukti dapat mengurangi keasaman dalam rongga mulut, merangsang produksi air ludah, dan mengurangi pembentukan plak pada gigi.

Tapi, katanya susu itu banyak lemak. Ah, takyuuuuut deh !
Makanya kita harus pintar – pintar memilih susu yang kadar lemaknya rendah. Bagi Bumil dan Busui, pilih susu nyang emang cocok buat mereka, gitcu !

O, begitu ?
Lha, jelas toh !

Kalo Busui boleh berpuase ?
Sebenarnya Busui, terlebih nyang sedang memberikan ASI Ekslusif bagi bayinya, nggak dianjurin berpuase.

Lho, kok gitu ye ?
Kerana ibu menyusui mesti selalu menyedia kan ASI bagi bayi, kapan dan di  manapun. Bayi nggak ngerti kata tunggu dan nanti ! Nah, ibu nyang mo mberi ASI kepada buah hatinya mesti cukup gizinya. Kalo nggak, gizi ibu ’n bayinya bisa defisit lho.

Oh, jadi supaya gizi bayinya cukuik, tantulah gizi ibunyo harus cukuik pulo, baitu yo ?
Sabana batua ! Cepek for you !

Oche deh, Bro, thank you berat yah ! Kita same – same ngucapin Selamat berpuase ye !
Iye, dengerin nih,

      Wangi aroma si daun pandan
      Anak Melayu duduk menyulam
      Selamat datang Bulan Ramadhan
      Yang penuh rahmat bagi Umat Islam
     
      Tumbuh meninggi pohon beringin
      Tempat bersarang burung tempua
      Kepada seluruh Kaum Muslimin
      Terucap kata Selamat Berpuasa

Cuakep, Bro!

Click to comment