-->

WOMEN’S TOP KILLER: PEREMPUAN HARUS TAHU !!!

Pembunuh peringkat pertama bagi perempuan, Dokter?
Yes, it’s right, Jane! Cervical Cancer atau Kanker Serviks atawa Kanker Leher Rahim menempati peringkat pertama kanker pembunuh bagi KHI.

KHI? What’s that?
Kaum Hawa Indonesia, he he he.

Kok bisa dikatakan seperti itu ya?
Data bicara, Nona. Setiap perempuan Indonesia harus tahu! Ada satu penderita kanker serviks di antara 1000 orang. Setiap hari ada 26 orang perempuan Indonesia yang meninggal akibat kanker ini atau rata rata ada 1 orang tiap jam. Artinya, dalam satu bulan saja, kita dengan ‘paksa rela’ harus terima kenyataan, kehilangan kira-kira 800 perempuan dan dalam satu tahun sekitar 10.000 orang!

Wah, rrrruarrrrr biazzzza, Dok!
Kita liat data di dunia, kanker ini menduduki peringkat ketiga dalam urutan keganasan di seluruh dunia, di negara berkembang seperti Indonesia pada urutan kedua dan di negara maju hanya masuk dalam sepuluh jenis kanker terbanyak. Dan yang lebih membuat trenyuh, Nona, ‘pemangsa’ ini banyak membunuh perempuan justru dalam usia produktif, 30 hingga 50 tahun, dan tentu saja sebagian besarnya adalah ibu! Dapat kita bayangkan, bagaimana kesedihan dan kepedihan anak-anak yang harus rela kehilangan ibu untuk selamanya!

Dramatis kali ya, Dok?
Itulah masalahnya, Jane. Yang lebih memprihatinkan, data untuk negeri ini dipercaya masih under reported, jauh dari yang sebenarnya. Why? Karena masih banyak KKI, Kaum Kartini Indonesia, yang malu memeriksakan diri ke dokter, apalagi kalau berhubungan dengan ‘organ tersembunyi’ itu. Padahal ini sangat keliru karena mempertaruhkan kehidupan, bahkan, maaf, bisa saja berarti, mengundang maut!

Sebenarnya kanker ini ada di mana, Dok?
Ya, di leher rahim, dong, Jane, namanya juga Kanker Leher Rahim, gimana sih?

Iya, saya tahu di leher rahim, tapi tolong tunjukin dong, lokasinya. Gimana sih, Dokter ini, he he he.

O, gitu, nah, mari kita simak bersama gambar berikut ya.
Uterus atau rahim perempuan dewasa seperti buah alpukat atau pir yang sedikit gepeng. Rahim berada dalam rongga panggul di bagian bawah tubuh. Rahim dibagi menjadi dua bagian, korpus atau badan rahim di bagian atas dan serviks atau leher rahim di bagian bawah.

Gimana sih hubungannya dengan vagina, Dok?
Selama ini baek-baek aja sih, Nona, kecuali kalau ada kanker. he he he. Leher rahim itulah yang menghubungkan rahim dengan vagina.

Jadi, kalo ada gangguan pada alat reproduksi perempuan, walaupun minimal, harus segera diperiksakan ya, Dok?
Idealnya ya, Jane. Inilah prinsip saya sebagai dokter, mau tahu?

Mau, mau, Dok!
MTA atawa MTB? Mau tahu aja atau mau tahu buanget?

MTB2, Dok, mau tahu buanget-buanget…..!
Dengan ilmu yang ada tentang penyakit, lebih baik memikirkan yang lebih buruk dulu walau kemudian ketahuan lebih baik, dari pada memikirkan yang lebih baik dulu tapi kenyataannya lebih buruk.

Jadi telat ya, Dok?

Click to comment