-->

TIPS PRAKTIS CERDAS DAN SEHAT : MAKAN PISANG !



Siapa yang tidak kenal pisang? Buah yang satu ini sangat istimewa. Keuntungan makan pisang mulai dari meningkatkan kerja otak dan kecerdasan anak dan orang dewasa hingga perbaikan mood. Nah, apa saja manfaat pisang bagi kesehatan? Ini dia:

MENINGKATKAN KERJA OTAK, KONSENTRASI, DAN KECERDASAN :
Pisang kaya akan kalium. Mineral yang satu ini mampu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar, khususnya pada anak-anak dengan kapasitas belajar yang rendah. Otak bekerja melalui penghantaran impuls dari satu sel saraf atau neuron ke neuron yang lain. Kalium bersama natrium adalah mineral yang berperan dalam penghantaran impuls-impuls saraf. Kekurangan kalium menyebabkan gangguan kerja sel-sel saraf sehingga mengganggu proses belajar dan mengingat informasi. Kalium juga membantu kesehatan tulang, ‘menjaga’ tekanan darah dan melindungi jantung. Kadar kalium yang tinggi dalam urin juga membantu menurunkan kehilangan kalsium lewat ginjal sehingga kadar kalsium dalam tubuh lebih terjaga.

Pisang juga kaya akan mineral besi. Besi juga sangat penting bagi kerja normal otak. Besi berperan dalam metabolisme oksidatif di otak, yaitu proses produksi energi dari karbohidrat yang ‘bahan bakar’nya oksigen. Besi juga berperan dalam pembentukan neurotransmiter, zat kimia otak, yang berfungsi sebagai perantara impuls dari satu sel saraf ke sel saraf lain. Produksi selubung myelin yang menyelimuti cabang-cabang sel saraf juga juga butuh besi. Selubung myelin ini mempercepat perjalanan impuls dalam otak. Vitamin B6 yang kadarnya juga tinggi dalam pisang membantu kerja otak dan kecerdasan.

MENJAGA TEKANAN DARAH NORMAL DAN KESEHATAN KARDIOVASKULER :
Magnesium dan mangan juga banyak dalam pisang. Magnesium dan mangan bersama kalium ‘bertugas’ mempertahankan tekanan darah agar tetap normal, sembari menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko stroke.

MENCEGAH ANEMIA :
Besi juga sangat berperan dalam pembentukan hemoglobin, bagian sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan besi bisa menyebabkan anemia atau kurang darah, yang juga menurunkan konsentrasi dan kapasitas belajar. Tembaga atau kuprum dalam pisang bersama besi berperan dalam pembentukan sel darah merah.  

MENURUNKAN RISIKO KANKER :
Mengkonsumsi pisang yang juga kaya vitamin B6 menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Bahkan dipercaya, vitamin C dalam pisang sebagai antioksidan juga berperan ’menghadapi’ dan mematikan sel-sel kanker!

MENGHASILKAN ENERGI :
Energi yang dihasilkan kalau mengkonsumsi pisang membuat tubuh ‘enerjik sepanjang hari’. Karbohidrat sederhana yang juga dikandung pisang sangat baik untuk meningkatkan gula darah pada orang yang kelelahan.

MENJAGA KESEHATAN SALURAN CERNA :
Efek antasida atau anti-asam dalam pisang melindungi lambung terhadap risiko tukak lambung. Pisang juga melindungi lambung dengan merangsang perbanyakan sel pada permukaan dalam atau lapisan mukosa lambung. Pada penderita diare, pisang menormalkan kembali kadar kalium darah yang hilang bersama buang air besar yang encer. Sebaliknya, pisang kaya akan serat pektin yang mencegah buang air besar keras atau konstipasi. Pisang juga banyak mengandung fruktooligosakarida yang berperan sebagai prebiotik. Prebiotik adalah bakteri ‘baik’ yang menjaga saluran cerna terhadap serangan bakteri ‘jahat’ dan virus.

MEMPERBAIKI MOOD :
Serotonin adalah zat kimia otak yang ‘bertanggung jawab’ terhadap mood atau suasana hati.  Perasaan tenang, rileks, lebih bahagia, suasana hati nyaman, terhindar dari stres dan kelelahan psikis dihasilkan oleh serotonin. Pisang mengandung serotonin dalam kadar cukup tinggi.


KEUNTUNGAN LAIN MENGKONSUMSI PISANG :
Berbagai zat dalam pisang membantu mempercepat penyembuhan luka, mencegah osteoporosis atau keropos tulang, dan bebagai penyakit lain. Vitamin B6 dalam pisang juga mengurangi keluhan sindrom premenstruasi dan mual-muntah pagi hari atau morning sickness pada wanita hamil. Vitamin C yang cukup dalam pisang meningkatkan daya tahan, meringankan proses inflamasi, dan memperlambat penuaan kulit.

Maka, pisang adalah salah satu pilihan terbaik dalam diet sehari-hari. Pisang bisa dikonsumsi saat sarapan, misalnya ditambahkan dalam sajian oatmeal. Pisang sangat praktis dilahap sebagai pengganti snack instan. Berbagai jenis makanan bisa diperkaya dengan pisang seperti agar, bolu, dan lain-lain. Bila sulit tidur, minumlah susu hangat dengan irisan pisang di malam hari. Bila stres, makanlah pisang!

Pisang, mudah didapat, murah harganya, tapi yang pasti, tidak murahan karena pisang buah istimewa!



Click to comment