-->

WASPADAI PENYEBAB ANEMIA BESI PADA WANITA !


Mengapa anemia harus diwaspadai wanita, Dok?
Karena risiko dan kejadian anemia pada wanita lebih tinggi dibandingkan pria, Bu.

Kok bisa lebih tinggi pada wanita, Dok?
Karena wanita dianugerahi ‘tugas kodrati’ khusus yaitu menjalani siklus menstruasi, hamil, melahirkan, dan menyusui anak, di samping ada penyebab lain yang membuat wanita rentan terhadap anemia.

Apa itu anemia Dok?
Anemia adalah keadaan di mana kemampuan darah membawa oksigen kurang, Bu. Nah, mari kita mulai pembicaraan kita dari darah. Darah kita terdiri dari cairan dan sel-sel darah. Yang termasuk dalam sel-sel darah itu, salah satunya adalah sel darah merah. Sel darah merah mengandung bagian yang dinamakan hemoglobin atau lebih dikenal sebagai Hb, Bu.

Hb itu untuk apa, Dok?
Hb itu sebagai ‘angkot’ yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh kita. Pada keadaan anemia, jumlah sel darah merah bisa berkurang atau kadar Hb yang berkurang sehingga oksigen yang diangkutpun berkurang.

Jadi penyebab anemia itu apa, dong Dok?
Penyebab utama anemia adalah kekurangan zat besi, Bu. Zat besi adalah salah satu bahan baku utama pembentuk HB. Kalau zat besi kurang maka kadar Hb-pun berkurang. Ini dinamakan anemia kekurangan zat besi. Penyebab tersering anemia kekurangan zat besi pada wanita adalah haid dengan darah berlebihan, Bu. Penyebab lain adalah perdarahan yang tidak disadari, misalnya perdarahan dari saluran cerna seperti tukak di lambung atau usus halus, peradangan pada usus besar, kanker, dan lain-lain. Gangguan saluran cerna, misalnya diare yang lama, juga bisa menyebabkan penyerapan zat besi terganggu. Ini juga bisa menyebabkan anemia kekurangan zat besi, Bu.

Kalau asupan zat besi selama hamil tidak mencukupi maka wanita juga berisiko terkena anemia. Mengapa? Karena janin di dalam rahim mengambil zat besi dari darah ibu. Begitu pula pada saat menyusui, ibu ‘menyumbangkan’ zat besi kepada anaknya. Kehilangan darah pada saat persalinan juga menyebabkan zat besi dari tubuh ibu terbuang.  

Wanita yang mengalami penyakit ginjal atau saluran kencing seperti infeksi atau batu juga rentan terkena anemia kekurangan besi, Bu. Why? Because akibat adanya infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih, darah bisa keluar lewat urin penderita. Darah yang keluar bisa saja banyak tapi tak jarang keluarnya darah bisa sedikit-sedikit sehingga warna urin belum tentu merah. Nah, keluarnya darah ini juga tidak disadari oleh penderitanya.  Satu hal yang juga sangat perlu diwaspadai, Bu, pola diet yang salah, terutama pada remaja wanita!

Penyebab lain, Dok?
Pada daerah-daerah tertentu, cacing tambang yang berdiam di saluran cerna juga bisa menyebabkan anemia, Bu. Cacing tambang itu memakan sel darah dalam usus penderitanya. Berbagai penyakit lain seperti kanker juga bisa menyebabkan anemia.

Jadi, kalau wanita mengalami anemia, sangat perlu dicari penyebabnya ya, Dok?
Lagi-lagi bener, Bu. Kalau penyebabnya sudah ketemu maka penanganannya jadi lebih terarah, ya kan Bu?

Lagi-lagi bener, Dok, he he he.
 
Baca juga :

Click to comment