-->

8 TIPS JANTUNG SEHAT DI SAAT-SAAT SULIT

Organ apa dalam tubuh manusia yang paling terpengaruh di saat-saat sulit ? Jawaban pertama: jantung! Jantung dag dig dug mendengar berita-berita yang mengejutkan.

Organ berikutnya yang terpengaruh adalah otak. Setiap orang akan berusaha ‘memutar otak’, bersiaga mengupayakan jalan mengantisipasi kemungkinan terburuk resesi. Atau tak jarang orang mengalami stres, ansietas atau gangguan cemas, hingga depresi. Organ lain yang tak kalah terganggu adalah saluran cerna. Nafsu makan menurun atau malah meningkat bisa saja terjadi. Akibatnya, gangguan nutrisi.

Ototpun ikut terpengaruh karena kita ‘dipaksa’ menggunakan otot lebih dari biasanya sehingga waktu istirahatpun berkurang. Kelelahan terjadi, bahkan bisa menjadi kelelahan kronik. Dan, ujung dari semuanya kembali ke……………..jantung! Berbagai masalah dalam saat-saat sulit berdampak buruk pada jantung!

TIPS MENJAGA JANTUNG:
Kalau jantung benar-benar terganggu karena keadaan sulit, ini bisa menjadi musibah besar. Karena itu, mari jaga jantung dengan beberapa tips berikut:

1.    POLA MAKAN LEBIH SEHAT:
Diet dengan pola lebih sehat adalah keharusan! Konsumsi karbohidrat, lemak dan protein dalam takaran seimbang dan selipkan 5 takar buah dan sayur dalam pola diet. Memasak makanan sehat buat keluarga dan mengurangi kebiasaan jajan dan makan ‘di luar’ sangat menguntungkan bagi kesehatan jantung dan kantong sekaligus.

2.    LATIHAN JASMANI TERATUR:
Setiap orang tahu, latihan jasmani secara teratur sangat baik bagi kesehatan jantung. Tapi tak setiap orang melakukannya. Banyak alasan untuk itu, apalagi saat ekonomi sedang sulit. No time for that! Padahal, pepatah lama menuturkan, mencegah lebih baik dari mengobati. Menjaga jantung sehat dengan berolahraga ringan, misalnya jogging atau jalan cepat, 30 hingga 45 menit sehari sudah cukup. Mengurangi kegiatan olahraga yang butuh biaya dan menggantinya dengan olahraga lebih murah sangat bermanfaat, sekali lagi, buat jantung sekaligus kantong.

3.    PUTUS HUBUNGAN DENGAN ROKOK:
Menjadi perokok pertama atau perokok aktif maupun perokok kedua atau perokok pasif dipercaya meningkatkan risiko terkena deretan panjang penyakit, mulai dari gangguan paru-paru, jantung, otak, hingga impotensi! Belum lagi dampak rokok pada calon generasi mendatang yang sedang bertumbuh di rahim ibu. Apakah masih ada alasan untuk tetap menikmati ‘pembunuh’ yang satu ini? Putuskan hubungan dengan rokok dan alihkan ‘money’ yang akhirnya hanya untuk dibakar itu kepada hal-hal yang lebih positif, misalnya membeli makanan sehat atau melakukan pemeriksaan dan perawatan kesehatan.

4.    BERPIKIR POSITIF :
Kita perlu yakini kalimat bijak ini, ‘Kalau Anda tidak bisa mengubah keadaan, maka berubahlah dan menyesuaikan diri dengan keadaan’. Tapi, tentu saja dengan smart dan bukan asal berubah dan menyesuaikan diri! Namun yang paling penting sebenarnya, berpikir positif tentang keadaan walau bagaimanapun negatif tampaknya. Mengapa? Karena melihat secara negatif tidak bermanfaat sama sekali, malah memunculkan rasa frustrasi, putus asa, tidak berdaya, penyesalan, dan kawan-kawannya.  Berpikir positif memacu dan memicu kita untuk berpikir dan mengupayakan segala sesuatu yang tentu juga jauh lebih positif!

5.    HINDARI STRES NEGATIF :
Menghindari stres negatif, mudah dikatakan, tak jarang sulit dilakukan. Namun, walau bagaimanapun sulitnya, stres negatif memang harus diminimalisasi kalaupun belum berhasil dihindari. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah meyakini, stres negatif tidak akan membuahkan sesuatu yang positif. Stres dapat meningkatkan kadar adrenalin darah dan akhirnya meningkatkan tekanan darah dan berdampak negatif pada berbagai organ termasuk jantung. Banyak cara untuk menghindari stres negatif misalnya latihan jasmani, rekreasi, menjalankan hobi dan berkomunikasi secara sehat dengan orang lain.

6.    JALIN KOMUNIKASI SEHAT:
Menjalin komunikasi sehat itu menyehatkan, terlebih komunikasi sehat dengan pasangan. Jangan malu mengungkapkan semua yang dirasa termasuk keresahan dan kekhawatiran, dan ‘berbagi’ dengan ‘belahan hati’. Melakukan komunikasi ‘paling intim’pun sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan jantung. Maka, jadwalkan ‘komunikasi paling intim’ dengan pasangan sebagai ajang komunikasi dan rekreasi yang menyehatkan dan tentu saja juga …….. menyenangkan dan membahagiakan!

Komunikasi sehat juga boleh dan perlu dijalin dengan orang lain yang ‘dipercaya’ bisa, minimal memahami diri dan masalah kita dan syukur-syukur mampu memberikan alternatif solusi. Tapi, tetap berhati-hati bila berkomunikasi ‘lebih dalam’ dengan orang lain yang bukan pasangan dan bukan keluarga!

Satu hal yang tak boleh dilupakan dalam komunikasi: berkomunikasi intim denganNya. Sebagai orang beriman, kita tentu harus percaya, komunikasi intim dengan Sang Pencipta akan menghasilkan ‘buah-buah’ yang sering tak terduga dan datang tepat waktu, tak pernah terlalu cepat ataupun  terlalu lambat!

7.    PERIKSAKAN KESEHATAN SECARA TERATUR:
Di masa-masa sulit seperti sekarang ini, kunjungan pasien ke dokter dan rumah sakit menurun. Logis secara fisik tapi tidak secara medis. Mengapa? Justru di saat-saat seperti itu, kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat sehingga produktivitas tetap terjaga bahkan bisa meningkat! Salah satu caranya adalah dengan memeriksakan kesehatan teratur sebelum jatuh sakit. Bukankah, sekali lagi, lebih baik (baca: murah) mencegah daripada mengobati? So ? Teleconsultation dan telemedicine adalah pilihan yang tepat jika kunjungan ke pelayanan kesehatan tidak begitu urgent.

8.    CUKUP ISTIRAHAT:
Bekerja ‘mati-matian’ di saat-saat sulit mungkin bisa menguntungkan  secara ekonomis tetapi bisa sangat merugikan secara medis. Walau bagaimanapun, mesin butuh waktu istirahat yang cukup agar tidak mogok kerja, apalagi tubuh kita. Mari berlaku ‘adil’ terhadap tubuh dengan memberi salah satu ‘hak’nya, istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan memberikan kesegaran karena saat beristirahat, kerja semua organ akan sedikit melambat termasuk jantung. Istirahat akan membuat kita mulai beraktivitas kembali dengan semangat baru, kekuatan baru, dan kesegaran pemikiran yang tentu juga baru!

JAGA JANTUNG JANGAN SAKIT DI SAAT-SAAT SULIT !




Click to comment