-->

5 GEJALA INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) PADA LANSIA


Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan penyakit infeksi terbanyak kedua yang dialami Lansia sesudah pneumonia atau radang paru-paru. Repotnya, gejala ISK pada Lansia sulit dikenali sehingga penanganannya sering terlambat dilakukan. Akibatnya? Berbagai komplikasi yang memperberat keadaan Lansia hingga kematian yang tidak semestinya bisa saja terjadi!

MENGAPA LANSIA RENTAN MENGALAMI ISK ?
Infeksi Saluran kemih atau ISK sering terjadi pada Lansia dengan banyak sekali penyebab. Sebut saja penyumbatan area saluran kencing sehingga pertahanan terhadap kuman penyebab infeksi menurun. Penyebab lain adalah penurunan kekebalan, gangguan saraf pada kandung kemih, dan adanya penumpukan kuman pada sel-sel yang melapisi bagian dalam saluran kencing. Ketidakmampuan Lansia menahan buang air kecil dan buang air besar menyebabkan saluran kencing terkontaminasi kuman terlebih pada Lansia yang terbaring lama di tempat tidur. Penggunaan alat bantu seperti kateter juga meningkatkan kemungkinan Lansia menderita ISK. Faktor lain adalah antibakteri dari prostat pada Lansia pria  atau dari vagina pada Lansia wanita semakin menurun.

GEJALA ISK PADA LANSIA
Banyak jenis infeksi yang tidak menunjukkan gejala khas pada Lansia, termasuk ISK. Bahkan ISK bisa terjadi pada Lansia tanpa menunjukkan gejala sama sekali. Gejala ISK yang mungkin tampak pada Lansia adalah:

1.      PENURUNAN NAFSU MAKAN :
Berbagai penyakit infeksi pada Lansia, termasuk ISK, sering ditandai oleh gejala awal penurunan nafsu makan. Namun sayangnya hal ini sering dianggap wajar dan biasa oleh orang-orang di sekitarnya. Padahal penurunan nafsu makan bisa menjadi ‘tanda keseriusan’ gangguan kesehatan pada Lansia. Penurunan nafsu makan sekaligus menyebabkan penurunan status gizi dan kekebalan tubuh. Apa jadinya kalau keadaan ini terus berlanjut? Lansia akan semakin lemah, tak mampu bergerak seperti biasanya, terpaksa berbaring di tempat tidur, dengan segala dampaknya, di antaranya kesulitan menahan kencing.

2.      KESULITAN MENAHAN KENCING :
Gejala ini juga sering dialami Lansia penderita ISK. Karena sulit menahan kencing atau air kemih maka Lansia sering diberi popok. Kalau popok ini sering dibiarkan basah dan tidak diganti dengan yang kering dan bersih maka area kelamin akan terus-menerus lembab bahkan basah oleh urin. Area yang seperti ini merupakan ‘sarang kuman’ yang sangat ideal. Hasilnya? ISK semakin berat!

3.      SINDROM DELIRIUM :
Sindrom delirium yang dimaksud adalah perubahan kesadaran atau perilaku pada Lansia penderita ISK. Lansia yang mengalami delirium bisa tiba-tiba menjadi pendiam dan bingung, atau malah hiperaktif. Pola tidur Lansia bisa berubah. Juga bisa terjadi penurunan daya pikir. Gejala-gejala ini tak jarang ditafsirkan salah oleh keluarga, bahkan oleh tenaga kesehatan, sebagai gangguan kepribadian atau stroke.

4.      JATUH :
Jatuh sering menjadi tanda kegawatdaruratan ISK pada Lansia. Lansia yang sebelumnya tampak ‘biasa-biasa saja’ dan beraktivitas seperti biasa, tiba-tiba jatuh tanpa alasan jelas seperti tersandung misalnya.

5.      GEJALA-GEJALA LAIN :
Walaupun jarang, Lansia dengan ISK bisa saja mengeluhkan nyeri saat berkemih atau sering berkemih.  Lansia dengan ISK juga bisa mengalami demam, nyeri tekan di ari-ari atau nyeri di daerah pinggang. Gejala lain yang mungkin ada yaitu kencing berdarah atau kemerahan, bukan akibat konsumsi obat atau makanan dan minuman.

Sekali lagi, ISK, seperti banyak infeksi lain pada Lansia, jarang menunjukkan ‘jati diri’ yang sebenarnya. Dibutuhkan ‘kejelian’ keluarga, mereka yang merawat, dan petugas kesehatan termasuk dokter dan perawat untuk menemukannya lebih dini. Penemuan dini akan berujung pada penanganan yang lebih dini!

‘SELAMATKAN’ LANSIA LEWAT PENEMUAN DINI ISK !



2 comments

avatar


Blog yang menarik dan informatif sekali

Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini,Wasir dan Ambeien


Penyebab Infeksi saluran Kemih

Bahaya Infeksi Saluran Kencing

Click to comment