-->

BERPUASA SAAT SALURAN CERNA KEKURANGAN ENZIM (Puasa menyehatkan jiwa dan raga 3)


Mo nanye nih ye, Katanya ada gangguan saluran cerna kekurangan enzim. Gimana mo berpuasa kalo gitu?
Ya bisa aja, tergantung berat-ringan gejalanya.

Gejala – gejalanya apa sih?
Kalau Anda merasa perut penuh atau sebah, kembung, dan sering sendawa, nah itu mungkin warning bahwa Anda kekurangan enzim pencernaan yang mengakibatkan gangguan saluran cerna atas. Yang dikatakan saluran cerna atas adalah dari mulut sampai usus 12 jari atau yang istilah kerennya duodenum.

Kurangnya nafsu makan atau malah nafsu makan berlebihan juga bisa terjadi. Sering juga terasa perut tidak nyaman di ulu hati, abdominal discomfort, mual dan muntah. Atau yang aneh, misalnya, udah makan kok tetap lapar, atau pusing dan lemas sesudah menyantap makanan.

Lha, itu kan gejala maag !
Tidak selalu, Choi ! Memang masyarakat kita sering sekali menganggap semua keluhan itu sebagai gejala maag. Tapi, tidak selalu semua gejala itu mengarah ke maag. Cukup banyak gangguan saluran cerna yang gejalanya seperti itu, salah satunya ya itu tadi, kekurangan enzim.

Kalau saluran cerna bawah error, gimana ?
Saluran cerna bawah dari usus 12 jari sam pai APA, Alat Pembuangan Akhir alias dubur atau anus. Kalau gadang bunyi galang – galang atau ada suara usus yang meningkat akibat bertumpuknya gas dalam saluran cerna, nyeri perut di sekitar pusat atau perut bawah dan perut terasa membesar, nah ini bisa – bisa juga menunjukkan kurangnya enzim. Sering melepas ’angin bau’ alias kentut, bahkan hingga 10 – 20 kali sehari, bisa juga menjadi tanda gangguan enzim. Dan, jangan lupa, diare – pun tak jarang terjadi ! Ini semua bisa terjadi karena ’kegagalan’ enzim dan saluran cerna mencerna sebagian makanan sehingga penyerapanpun terganggu. Akibatnya apa ? Makanan hanya ’permisi’, numpang lewat aja.

Enzimnya kurang ? Kok Bisa ya ?
Ya bisalah ! Ada sejumlah penyebab gangguan enzim, di antaranya faktor genetik, misalnya kekurangan enzim laktase, enzim yang memecah lemak dari susu, pada sebagian orang kita, orang Indonesia. Atau ada gangguan pada pankreas, organ yang memproduksi sebagian besar enzim pencernaan dan juga hormon insulin. Usia yang semakin tua juga menurunkan kerja sistem – sistem tubuh termasuk sistem produksi enzim.

Penyebab lain ?
Defisit enzim.

Defisit enzim ? Kayak ekonomi aja !
Kata defisit bukan hanya untuk ilmu ekonomi, you know ! Jadi yang dimaksud adalah, jumlah enzim yang ada dalam saluran cerna tidak sebanding dengan jumlah makanan yang masuk. Misalnya Anda makan terlalu banyak atau menyantap makanan yang lemaknya ruarrrr biazzzza.
Menyantap makanan miskin variasi dan makan terburu – buru, asal cepat aja, juga bisa ’membingungkan’ kerja enzim. Apalagi kalau terjadi peningkatan asam lambung yang tentu saja akan menghambat kerja enzim.

Solusinya gimana, dong?
Tentu saja kembali ke laptop, eh salah, ke pola makan sehat, seimbang dan teratur. Kalau perlu boleh saja mengkonsumsi produk enzim pencernaan, tapi sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter anda. 

Gimana kalo gangguan enzim ini berlangsung lama ?
Bisa dibayangkan, tentu terjadi penurunan daya tahan  tubuh dan pengurangan berat badan karena ’kurang gizi’. Kalo ini terjadi, mungkin ada apa-apanya yang cukup serius dengan saluran cerna penderita. Jadi mesti diperiksa lebih intensif dan kalau perlu ’diintip’ dengan alat yang namanya endoskopi.

Konsultasi ke dokter ya?

Click to comment