-->

PUASA SMART TUBUH TETAP OKE (Puasa menyehatkan jiwa dan raga 2)


Tepati deh janji Anda, ngomongin puasa smart !
Nodong nih ye ! Pada masa puasa sebenarnya terjadi penyesuaian waktu makan. Sarapan yang biasanya ’diserbu’ sekitar jam 7 pagi, dipercepat menjadi makan sahur. Lalu makan siang dan makan malam diubah menjadi berbuka. Kita liat bersama, sebenarnya jadwal makan ini menjadi lebih teratur, berbuka dan sahur pada saat yang sama. Yang perlu diingat, para pakar kesehatan menyatakan, mengeluhkan puasa sebagai alasan loyo, lesu dan tidak produktif dalam bekerja atau belajar harus dihindari.

Why ?
Because, kita harus menyadari, energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas bukan hanya berasal dari asupan nutrisi yang dimakan atau diminum.

Dari mana lagi dong ?
Dari cadangan lemak yang ada di bawah kulit dan dari glikogen yang ada dalam hati dan otot.

Glikogen ? Apo pulo tu ?
Glikogen itu ya, cadangan energi yang ada dalam tubuh kita. Nah, sewaktu tubuh kita tidak mendapat asupan energi dari luar, maka tubuh dengan smart, menggunakan cadangan glikogen yang ada. Tambahan lagi, sebenarnya pada masa puasa, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh seharusnya tidak banyak berbeda dengan asupan pada hari – hari lainnya. Hanya, maybe, asupan itu sedikit berkurang dibanding hari – hari biasa.

Tapi, nggak boong lho, aku iki suka letih saat awal – awal puasa. Gimana tuh ?
Itu adalah hal yang wajar karena pada hari – hari hingga minggu pertama berpuasa, tubuh mengalami stres fisik. Karena apa ? Biasanya masih tidur, sekarang harus bangun. Jadwal makan juga berubah. Tambahan lagi, di saat – saat tubuh produktif, tidak boleh ada asupan makanan dan minuman. Apalagi kalau cuacapun nggak bisa diajak kompromi ! Mangkanya bisa muncul rasa letih, pusing, dan lain – lain. Hal ini harus diterima dan aktivitas yang dilakukan seharusnya disesuaikan dengan keadaan tubuh, jangan memaksakan ataupun sebaliknya memanjakan diri. Gitu !

Mungkin ada kiat khusus dalam membagi porsi nutrisi semasa puasa ?
Yeah ! Dianjurkan agar porsi makan sewaktu berbuka puasa adalah 50 persen dari porsi keseluruhan. Menjelang tidur asuplah 10 persen dari total kalori yang dibutuhkan dan sewaktu sahur disantap sisanya, 40 persen. Yang sangat perlu diingat, jangan melewatkan sahur !

Karena kita akan lapar, ya kan ?
Tepat sekali ! Ada saja orang yang melewatkan sahur dengan alasan mengantuk atau selera makan nggak ada. Kalau sahur dilewatkan, bisa – bisa Anda nggak punya tenaga menjalankan Ibadah Puasa sehingga akhirnya, batal deh ! Pada saat sahur juga harus dihindari makanan yang terlalu banyak santan, terlalu manis atau keasinan. Makanan – makanan seperti ini akan mengganggu puasa Anda. Juga......!

Juga apa ?
Juga harus diperhatikan, pada saat sahur tidak disarankan untuk makan berlebihan karena kalau kekenyangan, akan memperburuk kondisi tubuh pada siang harinya.

Kalo berbuka gimana ?
Jangan jadikan berbuka puasa sebagai ajang balas dendam, langsung menyantap semua makanan yang tersaji. Langsung makan makanan berat justru memberatkan kerja saluran cerna yang sudah beristirahat cukup lama. Jadi, berbukalah dengan minuman manis atau makan buah seperti kurma secukupnya untuk meningkatkan sedikit kadar gula darah.

Kandungan nutrisinya gimana ?
Kandungan nutrisi pada saat berpuasa sama saja dengan pada saat lain. Nutrisi yang diasup setiap hari harus dipilih secara smart. Bila kita memilih makanan dan bahan nutrisi yang baik, maka bahan – bahan itu akan memberikan semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh kita.

Apa sih sebenarnya fungsi detil zat gizi dalam tubuh kita ?
Wow, pertanyaan yang sangat bagus ! Ada tiga fungsi zat gizi dalam tubuh kita. Pertama adalah memberikan energi atau tenaga. Jadi kita dapat melakukan beragam aktivitas karena ada sejumlah zat gizi yang memberikan tenaga kepada tubuh kita.

Zat gizi apaan tuh ?
Semua makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiga zat gizi ini merupakan zat terbanyak dalam bahan pangan kita. Zat – zat ini kita sebut sebagai zat pembakar.

Fungsi berikutnya apa sih ?
Fungsi berikutnya, untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Dibutuhkan sejumlah zat untuk membentuk sel – sel baru, memelihara dan mengganti sel yang rusak. Karena kerja mereka adalah ’membangun sel’, maka zat – zat ini disebut juga Zat Pembangun. Zat – zat itu adalah .......

Kan aku belum tanya !
Makanya kudahului, Choi. Mau tau nggak ?

Ya iyalah !
Protein, mineral, dan air termasuk Zat Pembangun.

Fungsi yang ketiga ?
Mengatur proses dalam tubuh. Zat yang berfungsi sebagai pengatur ini adalah protein, air, vitamin, dan mineral. Jadi, bahan nutrisi kita sehari – hari harus memenuhi sejumlah komponen gizi yaitu Air, Makronutrien, Mikronutrien, dan Serat. Makronutrien terdiri dari Karbohidrat, Lemak dan Protein. Mikronutrien adalah Vitamin dan Mineral.

1 comments:

avatar

*JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI DARI MALUKU UTARA*
(Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara

No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

*BACAN DOKO SUPER*
================
*Berat 1 ons Rp 500.000
*Berat 5 ons Rp 1.250.000
*Berat 1 kg Rp 2.500.000
*Berat 2 kG Rp 4.250,000
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

*BACAN PALAMEA*
==============
*Berat 1 ons Rp 500.000
*Berat 5 ons Rp 1.000.000
*Berat 1 kg Rp 2.000,000
*Berat 2 Kg Rp 4.000,000
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

KONDISI BATU
============

* Natural (no treatment) asli bukan sintetis
* Bahan tua galian tambang sendiri
* Keras & Padat
* Siap Gosok
* Full daging tanpa kapur
* Kualitas super krystal
* Mineral (chysocolla chalcedony)

Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi/sms

No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86


#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
*Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
-Nama Lengkap
-Alamat lengkap
-No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
-Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:

No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan.

Click to comment